Spiderman Homecoming Merusak Timeline MCU

 on Tuesday, August 29, 2017  

Awalnya saya hanya ingin mereview film Spiderman Homecoming dari segi cerita saja, tetapi setelah menonton film ini saya tiba-tiba berubah pikiran. Terutama karena prolog film yang menunjukkan sisa-sisa pertempuran New York dalam film Avengers (2012). Kemudian cerita berlanjut ke masa delapan (8) tahun kemudian (2020), bukankah seharusnya lima tahun kemudian (2017).

Film diawali dengan adegan Adrian Toomes / Vulture (Michael Keaton) menggunakan seluruh tabungannya sebagai modal usaha pembersihan sisa puing-puing pertempuran New York yang terjadi pada tahun 2012 sesuai dengan tahun rilis film Avenger. Di sini saya langsung berfikir kalau film ini memiliki seting waktu yang masuk akal. 

Semua berubah setelah negara api menyerang maksud saya setelah Tony Stark mengambil alih pekerjaan tersebut. Adrian Toomes yang khawatir akan masa depan keluarganya mencuri beberapa material dari artefak luar angkasa tersebut. Sampai di sini belum ada keganjilan ataupun plot hole yang ditemukan.

Film berlanjut ke masa delapan (8) tahun setelah pertempuran New York, jadi bisa kita asumsikan kalau film Spiderman Homecoming memiliki setting waktu di tahun 2020 bukan 2017 sesuai dengan tahun perilisannya. Sejak film Avengers, setiap film dalam Marvel Cinematic Universe memiliki setting waktu yang sesuai dengan tahun peluncurannya. Hanya Guardian Of The Galaxy Vol. 2 yang tidak mengikuti aturan tersebut. Guardian Of The Galaxy Vol. 2 yang dirilis tahun ini (2017) memiliki setting yang sama dengan film pertamanya yaitu 2014.

Untuk kasus film Guardian Of The Galaxy kita dapat mengetahui timelinenya dari prolog film tersebut. Guardian Of The Galaxy Vol. 1 melompat 26 tahun dari tahun 1988 sedangkan Guardian Of The Galaxy Vol. 2 melompat 34 tahun dari tahun 1980. Dengan begitu kita dapat menyimpulkan kalau kedua film tersebut terjadi di tahun 2014 dan hanya berselisih beberapa bulan.

Sebelumnya Iron Man yang rilis pada tahun 2008 telah ditetapkan oleh pihak Marvel kalau kejadian di film tersebut terjadi pada tahun 2010. Kemudian diikuti film-film seperti Captain Amerika, Avengers, dan lainnya.

Sekarang mari kita bahas permasalahannya, Jika Avengers terjadi di tahun 2012 kemudian Captain America: Civil War terjadi di tahun 2016 mengapa Spiderman Homecoming memiliki setting waktu di tahun 2020 (delapan tahun setelah Avengers) bukankah seharusnya akan lebih masuk akal jika film ini terjadi di tahun 2017 sesuai dengan tahun perilisannya. Selain itu, di adegan-adegan awal film ini ketika Peter Parker (Tom Holland) mendokumentasikan perjalanannya bersama Happy (Jon Favreau) terlihat adegan yang terjadi di Civil War dan itu berlangsung beberapa bulan sebelum film ini. Tapi mengapa film ini terjadi di tahun 2020? Bingung kan? Saya juga bingung bagaimana film ini menghancurkan timeline Marvel Cinematic Universe. 

Kesalahan Spiderman Homecoming
Film Avengers selanjutnya yaitu Infintiy War yang akan dirilis tahun depan telah dikonfirmasi oleh pihak Marvel (Kevin Feige) terjadi pada tahun 2018, empat tahun setelah Guardian Of The Galaxy Vol. 2. Jadi mengapa film Spiderman Homecoming memiliki pengaruh terhadap Infinity War padahal peristiwa di film ini belum terjadi di tahun 2018. Jadi mutar-mutar ya? Yah, memang begitu sih kalau kita membahas mengenai timeline. Yang jelas jika kita hubungkan timeline film-film tersebut, kita akan menemukan kejanggalan, plot hole, dan sejenisnya, sama sekali tidak masuk akal.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Marvel melakukan kesalahan terutama dalam hal timeline. Di Captain America: Civil War (saya sarankan sahabat Hiburan Keren menontonnya kembali) ketika Vision berbicara mengenai Tony Stark yang mengumumkan bahwa dirinya adalah Iron Man, Vision juga menambahkan kalau hal tersebut terjadi delapan (8) tahun yang lalu. Padahal sebelumnya pihak Marvel sudah menjelaskan kalau Iron Man yang dirilis pada tahun 2008 terjadi di tahun 2010 (enam tahun sebelum kejadian Civil War).

Dari segi cerita, menurut saya Spiderman Homecoming lumayan bagus (saya kasih 8/10 buat film ini). Tapi yang jelas film ini menghancurkan timeline Marvel Cinematic Universe. Bagaimana menurut sahabat Hiburan Keren?


17 comments:

  1. Mantap sob. saran sertakan gambar sedikit biar bacanya gak boring

    ReplyDelete
  2. Iya sob gambarnya di tambah lagi

    ReplyDelete
  3. Kalo saya malahan belum nonton gan, nantilah saya dwonload filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... buruan nonton deh gan, seru lo filmnya

      Delete
  4. mantap gan....tapi yaa menurut gw spiderman ini terlalu mendorong ke tony starknya..jadi apa2 serba tony stark yg bkin...wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih gan, terkesan Starklisme banget Spidienya. Tapi kostumnya jauh lebih keren sih dari yang sebelumnya

      Delete
  5. bagus artikelnya, banyak komentar yang pro dan kotra

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kalo dari pihak Marvel sendiri sih mereka pastinya membela diri mengenai kesalahan timeline ini

      Delete
  6. Nice artikelnya gan.

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. iya gan, apalagi masalah timeline begini yang bisa berpengaruh sama film Marvel lainnya

      Delete
  8. Sy bingungnya gini gan, spiderman homecoming kan terjadi setelah ciwil war, nah di ciwil war kan avengers udah bubar, eh pas di endingnya si tony malah ngajak spiderman jadi anggota avengers😅 gimana tuh? butuh penjelasan nih gan😅

    ReplyDelete

loading...
Hiburan Keren