Mengenal 5 Robin Yang Pernah Menjadi Rekan Batman

 on Saturday, September 9, 2017  

Robin adalah seorang superhero di dunia DC Comics. Robin telah lama menjadi rekan Batman ketika membasmi kejahatan di Gotham City. Bersama, Batman dan Robin sering disebut sebagai Dynamic Duo atau The Caped Crusaders.

Karakter Robin pertama kalinya diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger yang juga merupakan pencipta Batman. Sampai saat ini, sudah ada 5 orang berbeda yang memerankan Robin. Siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah 5 karakter yang pernah menemani Batman sebagai Robin.

1. Richard Jhon Grayson
Richard Jhon Grayson atau dikenal juga dengan Dick Grayson adalah orang pertama yang memerankan karakter Robin. Karakter ini pertama kali muncul di Detective Comics #38 pada bulan April 1940.

Sebelum menjadi Robin, Dick bersama orang tuanya adalah pemain akrobatik dari sebuah kelompok sirkus. Ketika sedang melakukan atraksi, Dick menyaksikan seorang bos mafia bernama Frank Zucco membunuh orang tuanya sebagai bagian dari rencananya untuk memeras kelompok sirkus.

Bruce Wayne (Batman) yang melihat kejadian itu datang menolong Dick dan membawanya ke istananya. Bersama Bruce, kehidupan Dick berubah drastis. Dia mulai berlatih bersama Batman dan akhirnya menjadi rekan Batman dalam menumpas kejahatan.

Ketika mulai beranjak dewasa, Dick memutuskan untuk menanggalkan jubah Robin dan menggunakan identitas baru sebagai Nightwing. Selama menjadi Nightwing, Dick memimpin Teen Titans dan juga Outsiders.

2. Jason Peter Todd
Jason Todd diciptakan oleh Gerry Conway dan Don Newton, pertama kali muncul di Batman #357 (1983)  sebagai Robin kedua, dan menjadi pendamping Batman.

Pada awalnya karakter ini begity populer, namun setelah Max Allan Collins mengusut tentang asal usulnya, Robin versi Jason Todd tidak diterima dengan baik oleh penggemar.

Pada akhirnya DC Comic mengadakan polling untuk alur cerita "Batman 1988: A Death in the Family". Polling tersebut dilaksanakan untuk menentukan apakah karakter Robin akan mati di tangan Joker, musuh bebuyutan Batman. Menurut hasil polling, tokoh tersebut akhirnya terbunuh dengan suara 5343:5271.

Pada tahun 2005, dalam cerita Arc Under the Hood, Jason Todd dibangkitkan dengan menggunakan Lazarus Pit dan kembali dengan identitas baru, Red Hood. Red Hood merupakan sosok antihero yang menyerupai Batman dalam banyak hal, kecuali dengan kemauan untuk menggunakan kekuatan mematikan dan senjata.

3. Tim Drake
Tim Drake diciptaan oleh Marv Wolfman dan pertama kali muncul dalam komik Batman #436 tahun 1989.

Sebelum menjadi Robin, Tim adalah seseorang yang sangat ingin mengungkap identitas asli dari Batman dan Robin. Dalam perjalanan hidupnya, Tim selalu mengikuti petualangan Dynamic Duo, begitu juga ketika Dick Grayson menjadi Nightwing dan Jason Todd menggantikannya sebagai Robin.

Setelah kematian Jason, Tim mulai memperhatikan perubahan dalam diri Batman terutama mengenai perilakunya. Ia meyakini bahwa Batman membutuhkan seorang Robin untuk mengontrol sikapnya.

Selain menjadi Robin, Tim juga menggunakan identitas lain sebagai seorang superhero, Red Robin. Alasan Tim menggunakan identitas Red Robin adalah untuk menghormati kematian Jason Todd.

4. Stephanie Brown
Stephanie Brown merupakan satu-satunya wanita yang pernah mengenaan jubah Robin. Karakter ini diciptakan oleh Chuck Dixon dan Tom Lyle, pertama kali munxul dalam Detective Comics #647 pada bulan Agustus 1992.

Sebelum menjadi Robin, Stephanie pernah menjalin hubungan asmara dengan Robin sebelumnya, Tim Drake. Suatu hari dia ingin mengejutkan Tim dengan mengunjunginya tanpa memberitahunya sebelumnya. Stephanie menemukan Tim sedang berduaan dengan wanita lain dan akhirnya memutuskan hubungan dengan Tim.

Awal mula Stephanie menjadi Robin adalah karena ayah Tim mengetahui identitas rahasianya sebagai Robin. Tim dipaksa melepaskan jubah Robin dan menjalani hidup normal seperti yang lainnya.

Setelah Tim melepas jubah Robin, Stephanie menyelinap masuk ke Batcave dan memaksa Batman mengajarinya sebagai Robin baru. Batman menerimanya dan melatihnya selama beberapa bulan. Namun karena tidak menaati perintah Batman dalam menjalankan beberapa misi, Stephanie dipaksa menanggalkan kostum Robin.

Lulus dari sekolah menengah atas, Stephanie beroperasi menggunakan identitas baru yaitu Batgirl. Sebagai Batgirl dia membantu Batman dari bayang-bayang dalam menyelamatkan Gothm City.

5. Damian Wayne
Damian adalah anak Bruce Wayne dan Talia al Ghul, cucu dari musuh bebuyutan Batman, Ra's al Ghul. Karakter ini diciptakan oleh Mike W. Barr, dan pertama kali muncul di komik Batman: Son of the Demon (1987).

Damian adalah orang yang kejam dan egois dan dilatih oleh League Of Assasins dan sudah diajarkan membunuh sejak usia dini.

Itu tadi beberapa karakter yang pernah mengenakan kostum Robin. Dari kelima karakter tersebut manakah yang paling kalian sukai?





3 comments:

  1. Jadi robin itu ga cuma satu aja ya :v ternyata beda2.
    Mksih infonya

    ReplyDelete
  2. Lah Bruce Wayne dan Talia al Ghul nikah ? Baru tau... Nice info...

    ReplyDelete

loading...
Hiburan Keren