Tips Membaca Komik DC dan Marvel

 on Tuesday, September 5, 2017  

Membaca komik merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Saya sendiri mengikuti dua jenis komik yaitu Western Comic diantaranya komik terbitan DC Comic dan juga Marvel Comic dan komik Jepang yang biasa disebut dengan Manga.

Komik Jepang yang saya baca saat ini hanya tersisa dua, kemarin sih tiga, sebelum Bleach tamat. Sekarang saya cuma mengikuti komik One Piece dan Boruto saja. Untuk Western Comic baik itu DC dan Comic maupun Marvel saya mengikuti sebagian besar komik yang mereka terbitkan.

Akhir-akhir ini banyak teman maupun kenalan yang bertanya kepada saya mengenai cara membaca komik DC maupun Marvel. Sebenarnya kalau hanya membaca mereka pastinya tahu bahwa cara membaca komik terbitan Amerika itu berbeda dengan komik (manga) terbitan Jepang. Jika komik terbitan jepang dibaca dari kanan ke kiri, maka komik terbitan Amerika dibaca dari kiri ke kanan.


Tapi bukan itu masalah yang sebenarnya mereka hadapi. Sebernarnya yang mereka pertanyakan itu "Darimanakah saya harus mulai membaca komik terbitan DC maupun Marvel?

Seperti kemarin ada teman yang bertanya kepada saya melalui FB.

Bro, Gue mau baca komik DC nih, loe punya saran ngga harus mulai dari mana? Soalnya gue bingung bacanya dari mana dulu. Menurut loe Batman dulu atau The Flash atau mungkin Justice League?

Sebernarnya ketika pertama kali mulai membaca komik terbitan Amerika baik itu DC maupun Marvel, saya juga bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana? Kedua perusahaan tersebut memiliki judul komik yang begitu banyak dan nggak akan selesai kalau dijabarin satu-satu. Saya ambil contoh komik terbitan DC, ada begitu banyak versi dengan karakter yang sama misalnya The Flash, ada yang berjudul The Flash (2011), The Flash (2016), All Flash, The Flash: Rebirth, Flashpoint, dan beberapa judul lainnya. Belum lagi jika kita berpindah ke karakter lain seperti Batman, Wonder Women, Cyborg, Arrow, dan superhero DC lainnya. Pastinya kita akan bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana.

Selain itu ada juga komik Crossover dalam Universe DC maupun Marvel. Sebut saja Justice League, Infinity Crisis, Inustice, The Avengers, Secret Empire yang dalam penggarapannya sangat serius karena berpengaruh terhadap cerita dari masing-masing karakter yang ada di dalamnya.

Cara Membaca Komik DC
Untuk membaca komik DC sebenarnya sangat mudah karena pada tahun 2011 DC melakukan reebot terhadap semua komik maupun event yang sedang berlangsung. Reboot dunia DC kali ini disebabkan oleh ulah The Flash, The Flash berlari sangat kencang hingga melebihi kecepatan cahaya yang menyebabkan terjadinya paradoks waktu. Sepintas mengenai paradoks waktu, sahabat Hiburan Keren dapat membaca ulasan saya mengenai Flashpoint Paradoks di blog ini.


Dalam reboot kali ini, semua komik DC yang sedang berjalan dimulai lagi dari awal kecuali Batman. Alur cerita Batman tetap mengikuti alur cerita sebelumnya, tapi itu tidak menjadi sebuah masalah ketika kalian ingin membaca komik tebitan DC.


Untuk lebih mudahnya kalian bisa membaca komik dengan karakter kesukaan kalian yang terbit di tahun 2011. Semua komik yang terbit di tahun-tahun sebelumnya tidak perlu dihiraukan karena tidak terlalu berpengaruh terhadap jalan cerita setelah New 52.

Cara Membaca Komik Marvel
Ketika membaca komik Marvel, saya sedikit bingung harus memulai dari mana karena sampai saat ini Marvel belum pernah mereboot Universenya. Saran saya, apabila kalian ingin membaca komik Marvel, mulailah dari karakter yang kalian sukai seperti Spiderman, Hulk, Captain America, ataupun Iron Man.


Untuk event yang sedang berlangsung atupun yang sedang berjalan sama saja. Kalian bisa memulai dari event yang kalian sukai, namun saran saya kalian bisa memulai dari event yang baru saja tamat seperti Secret Empire, kemudian dilanjut ke event-event lainnya.


Bagaimana menurut kalian, apa sudah siap membaca komik terbitan DC maupun Marvel?


11 comments:

  1. meski ane jarang membaca komik, ini perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  2. Wah ntapz jiwa komiknya. Tp sya lbh suka komik jepang hehe

    ReplyDelete
  3. Komik marvel memang seru, dc juga gk kalah , hehehe

    ReplyDelete
  4. Waktu awal2 baca komik marvel ane sempet bingung mulai dari kiri atau kanan. Tapi untungnya di kasih tau ni thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe...
      Saya juga kemaren gitu gan, efek keseringan baca komik jepang

      Delete
  5. Kalau saya sih lebih suka iron man.. karna saya lebih suka dengan karakternya..

    ReplyDelete
  6. oke, Siap... Aku mau mencobanya segera

    ReplyDelete
  7. bagus artikelnya, banyak informasi tentang hiburan cara komik, sudah saat tidak meninggalkan bahan kertas, beralih ke media vidual

    ReplyDelete
  8. Batman juga di reboot gan. Komiknya detective comic new 52 sama the dark knight new 52

    ReplyDelete

loading...
Hiburan Keren