Solomon Grundy, Villain Terbaru Yang Muncul Di Series Gotham

 on Saturday, October 21, 2017  

Solomon Grundy/Cyrus Gold/Butch Gilzean
Kemunculan Solomon Grundy di Gotham season 4 sebenarnya sudah diprediksi dari akhir season 3 kemarin. Di episode akhir season 3 terdapat adegan dimana Barbara menembak kepala Butch Gilzean. Butch tidak mati, tetapi menderita koma di sebuah rumah sakit, dimana dokter yang merawatnya berkata kalau Butch terlahir dengan nama Cyrus Gold.

Latar Belakang Solomon Grundy
Solomon Grundy / Butch Gilzean terlahir dengan nama Cyrus Gold, pertama kali muncul dalam  All-Amerian Comics Issue 61 (Oktober 1944). Karakter Solomon Grundy diciptakan oleh Alfred Bester dan Paul Reinman.

Dalam cerita komik, Cyrus Gold adalah seorang pedagang kaya raya yang dibunuh dan jasadnya dibuang di Slaughter Swamp dekat Gotham City. Setelah lima puluh tahun berlalu, jasadnya kembali dihidupkan dan dipenuhi dengan bahan rawa-rawa yang bersatu dengan tubuhnya selama bertahun-tahun.

Solomon Grundy tidak mengingat siapa dia sebenarnya, semua ingatan tentang masa lalunya telah lenyap. Ketika dia muncul di sebuah kamp dan bertemu dengan beberapa orang, dia mendengar sebuah lagu anak-anak dengan judul Solomon Grundy dan kemudian mengadopsinya menjadi namanya.

Dalam series Gotam pengembangan karakter Solomon Grundy tidak jauh berbeda dengan komiknya. Yah, bisa dibilang sama persis dan hal ini tentunya akan membuat fans yang membaca komik tidak merasa kecewa akan karakter tersebut.

Dalam keadaan koma dan belum sadarkan diri selama 6 bulan, pihak rumah sakit akhirnya memutuskan membuang tubuh Gilzean di Slaughter Swamp. Di sisi rawa tersebut terlihat beberapa drum bertuliskan Indian Hill, sebuah fasilitas penelitian yang mengkhususkan diri bereksperimen pada manusia dan monster. Besar kemungkinan air rawa tersebut telah bercampur dengan zat-zat hasil eksperimen Indian Hill yang menyebabkan Gilzean menjadi monster Solomon Grundy.

Kemampuan Solomon Grundy
Dikenal sebagai seorang zombie, Solomon Grundy memiliki kekuatan dan stamina diatas manusia biasa. Memiliki tubuh besar yang kebal terhadap serangan fisik, magis, dan tidak terpengaruh terhadap api ataupun suhu rendah. Memiliki struktur tubuh yang terdiri dari materi rawa dan tumbuhan, dia bahkan tahan terhadap serangan yang berasal dari cincin Green Lantern.

Selain kekuatan dan stamina super, Grundy juga memiliki Healing Factor yang membuatnya dapat menyembuhkan diri sendiri. Walau kadang tubuhnya sudah hancur, dia selalu dapat bertahan dan kembali hidup cepat atau lambat.

Sebagian dari kemampuan Grundy sudah terlihat di series Gotham dimana dia dapat bertahan dari serangan fisik, api, dan tangannya yang terbakar perlahan kembali seperti semula.

Organisasi Yang Berhubungan Dengan Solomon Grundy
Dalam dunia DC Comic, Solomon Grundy adalah salah satu Supervillain yang pernah memporak-porandakan markas Justice Society of America (JSA). Tidak hanya itu, dia juga merhasil mengalahkan salah satu anggota JSA yang mengejarnya.

Green Lantern yang mendengar kabar tersebut bergerak mencarinya. Ketika bertemu mereka bertarung dengan sengit, namun Grundy terlalu kuat baginya. Grundy mencekik lehernya dan merenggut nyawanya. Dalam keadaan tersebut Hawkman dan Mid-Nite datang dimana orang terakhir yang saya sebut akhirnya menghidupkan Green Lantern kembali.

Walau sementara, dia pernah bergabung dengan Injustice Society. Bersama Injustice, dia pernah bertarung melawan Justice Society of America kemudian Justice League. Selain Injustice, Grundy juga pernah bergabung dengan organisasi kriminal lainnya seperti Legion of Doom, Secret Society of Super Villains, Suicide Squad, dan Black Lantern Corps.

Dalam series Gotham sendiri belum pasti kemana Grundy akan bergabung, apakah dia akan bergabung dengan keluarga Flacone atau Penguin. Yang jelas sampai saat ini dia bergerak bersama Edward Nygma / The Ridler. Mengingat Nygma merupakan musuh bebuyutan Penguin, sepertinya Grundy tidak akan pernah bergabung ke dalam organisasi Penguin.

Itu tadi beberapa informasi mengenai salah satu Supervillain DC Comic bernama Cyrus Gold / Butch Gilzean atau lebih dikenal dengan nama Solomon Grundy.


No comments:

Post a Comment

loading...
Hiburan Keren