Crisis On Earth-X

 on Friday, December 1, 2017  

Crossover Supergirl, The Flash, Green Arrow, dan Legends of Tomorrow bertajuk Crisis On Earth-X diawali dari Supergirl season 3 episode 8, Arrow season 6 episode 8, The Flash season 4 episode 8, dan berakhir di Legends of Tomorrow season 3 episode 8.


Dimulai dari Supergirl, Kara dan Alex sepertinya tidak akan menghadiri pernikahan Barry dan Irish karena keduanya sedang bergelut dengan masalah percintaan masing-masing. Kara dengan terpaksa harus menerima kenyataan bahwa Mon-El sudah menikah sementara Alex belum bisa move on setelah kepergian Maggie dari hidupnya. Namun akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menghadiri pernikahan tersebut.

Upacara pernikahan sepertinya akan berjalan lancar tetapi saat pendeta akan menikahkan mereka berdua tiba-tiba saja dia lenyap sebuah serangan. Kita diperkenalkan dengan musuh yang sudah kita kenal selama ini tetapi dengan versi yang berbeda. Overgirl adalah versi jahat dari Supergirl,  Dark Arrow merupakan kebalikan dari Green Arrow, dan Reverse Flash yang merupakan musuh bebuyutan The Flash. Selain itu Tommy Merlin juga kembali dalam episode ini dengan sangat mengejutkan, dia menggunakan topeng Promotheus. Mereka semua adalah doppleganger yang berasal dari Earth-X.

Oliver Queen dari Earth-X merupakan pimpinan pasukan Nazi yang menguasai bumi ke-53 itu. Misi mereka sebenarnya adalah untuk menangkap Supergirl dan mengambil jantungnya untuk ditransplantasikan ke Overgirl yang sedang sekarat karena terlalu sering terbang ke dekat matahari.

Masih dalam Supergirl, kita kembali melihat bagaimana konyolnya seorang Mick Rory. Ketika Kapten Sing mengajak dia berkanalan, dia menjabat tangan tapi tidak memperkenalkan dirinya. Sebaliknya dia malah mengucapkan kalimat bahwa dia membenci polisi dan juga pengacara.

Setelah menyaksikan Supergirl, selanjutnya kita akan beralih menuju Green Arrow.

Crisis On Earth-X Part 2 dalam balutan Arrow season 6 episode 8 melanjutkan kisah dari Supergirl. Dalam episode ini Reverse Flash kembali diperankan oleh Tom Cavanagh, tapi yang menjadi pertanyaan bagi saya apakah dia berasal dari Earth-1 atau Earth-X.

Tommy Merlin yang kembali muncul dalam episode ini hanya diperlihatkan sebentar, setelah itu karakternya dimatikan dengan cara tragis. Jadi pertanyaan saya, untuk apa dia kembali jika hanya untuk dieksekusi lagi.

Dalam part 2 kita juga diperkenalkan dengan salah satu musuh Kryptonian, Metallo. Dia merupakan villain yang tidak saya sukai, dengan tubuh robot dan batu krypton yang terletak di dadanya dia adalah musuh yang sulit bagi Supergirl. Tapi bagi The Flash seharusnya dia mudah diatasi sehingga adegan kerofokan di part 4 tidak perlu dilakukan.

Secara keseluruhan Crisis On Earth-X terlalu menonjolkan cerita Oliver-Felicity alih-alih Barry-Irish dan itu merupakan sebuah kelemahan menurut saya.

Bagian ke-tiga dari crossover musim ini membawa kembali Leonard Snart serta memperkenalkan pahlawan baru bernama The Ray. The Ray merupakan superhero baru yang juga akan dimasukkan ke dalam Arroverse serta memiliki serialnya sendiri. Ray sebenarnya berasal dari Earth-1 tetapi dia memilih untuk tinggal di Earth-X dan berjuang melawan kejahatan di sana.

Berbicara mengenai Snart dan Ray, hubungan mereka dalam crossover ini tentu tak luput dari sorotan penonton. Mereka berdua ditampilkan sebagai pasangan gay, adegan ketika mereka berciuman sangat mengganggu bagi saya, mungkin bagi kalian juga. Namun bagi Wentworth Miller (Leonard Snart), secara tidak langsung itu merupakan sebuah kampanye karena dalam kehidupan nyata dia juga bergabung dalam komunitas LBGT.

Tidak hanya Kara dan Alex yang bergabung dalam Crisis On Earth-X, Winn ikut mengambil peran sebagai jendral perang anti Nazi di Earth-X. Bagaimana dengan Martian Manhunter? Sayangnya dia harus rela hanya tampil di Supergirl karena alasan yang saya juga tidak mengerti.

Sekarang kita sampai diakhir part 3 dimana terdapat kejadian yang memilukan. Martin Stein tertembak saat berusaha membuka portal menuju Earth-1. Seperti yang sudah sering saya singgung, ini adalah musim terakhir Victor Garber dalam Arrowverse. Tapi siapa yang menyangka jika akhirnya Martin Stein mengakhirinya dengan kematian apalagi selama ini dia berusaha keras untuk memisahkan Firestorm.

Legends of Tomorrow season 3 episode 8 mambawa kita ke part 4 dari Crisis On Earth-X.

Seperti seharusnya, Nazi berhasil dikalahkan dan Earth-X kini akan menjadi bumi yang layak untuk ditinggali oleh setiap orang. Dibalik kemenangan tersebut terdapat kehilangan yang sangat memilukan, Victor Garber pemeran Martin Stein mengakhiri petualangannya bersama kelompok penjelajah waktu.

Saya belum sempat membayangkan The Legends tanpa kehadiran Firestorm, dengan kematian Stein kita takkan melihat Firestorm dalam waktu dekat atau mungkin selamanya. Tapi tunggu dulu, masih ingat dengan Ronnie rekan pertama Stein dalam Firestorm. Bukankah dia juga berakhir dengan kematian sama seperti Stein kali ini? Jadi mari berharap Ray dengan bantuan Cisco dan Catlin tentunya akan memperoleh formula untuk mengembalikan Firestorm.

Caitlin sebagai Killer Frost semakin berkembang di cerita ini, adegan ketika dirinya membawa Amaya dan Zari ke Waverider Nazi merupakan momen terbaik darinya. Dan jangan lupakan juga adengan kejar-kejaran antara The Flash dan Reverse Flash, pertarungan antara Kriptonian serta kedua pemanah terbaik dalam diri Green Arrow dan Dark Arrow.

Diakhir kisah Barry dan Irish akhirnya menikah dan eh, Oliver-Felicity juga. Kedua pasangan ini dinikahkan oleh John Diggle yang tidak ambil bagian dalam pertarungan melawan Nazi.

Sekarang bagaimana menurut sahabat Hiburan Keren, apa kalian menyukai Crisis On Earth-X? Silahkan utarakan dalam kolom komentar karena minggu depan para superhero ini akan kembali ke serialnya masing-masing.


2 comments:

loading...
Hiburan Keren