The Shawshank Redemption, Sebuah Mahakarya Yang Menginspirasi

 on Monday, July 31, 2017  

CAST
Tim Robbins (Andy Dufrense)
Morgan Freeman (Ellis Boyd “Redd” Redding)

SINOPSIS
The Shawshank Redemption diadaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank redemption, merupakan sebuah film dengan genre drama yang disutradarai oleh Frank Darabont. Dirilis pada tahun 1994, The Shawshank Redemption becerita tentang seorang bankir bernama Andy Dufrense (Tim Robbins) yang ditahan di penjara Shawshank karena dituduh melakukan kejahatan yang sama sekali tidak pernah dilakukannya.

Pada tahun 1947, seorang bankir bernama Andy Dufrense dituduh membunuh istri beserta selingkuhannya dan dihukum penjara dua kali seumur hidup. Sebenarnya Andy sama sekali tak melakukan kejahatan tersebut, tetapi berdasarkan bukti-bukti yang ada dan memberatkannya, Andy tak bisa membela diri dan harus menjalani hukuman penjara di Shawshank Prison. Di Shawshank Prison Andy berkenalan dengan Red, seorang tahanan yang bekerja sebagai penyelundup barang yang dibutuhkan tahanan lainnya. Andy memintanya untuk menyelundupkan sebuah martil kecil yang digunakan untuk membuat pion catur. Selain itu Andy juga meminta Red untuk membawakannya sebuah poster Rita Hayworth yang berukuran besar.

Di musim semi 1949, kepala penjara Warden Norton mengumumkan bahwa atap salah satu gedung penjara perlu dilapisi, untuk melapisinya dibutuhkan beberapa sukarelawan yang akan bekerja selama seminggu. Dengan cara Red, dia dan Andy beserta teman-temannya terpilih menjadi sukarelawan.

Ketika sedang bekerja melapisi atap gedung, Andy mendengar percakapan antara salah satu kapten penjara yaitu Byron Hadley dengan rekannya. Byron mengeluh mengenai masalah pajak yang akan dia tanggung dari warisan saudaranya yang baru meninggal dan Andy kemudian menawarkan diri untuk membantunya dengan imbalan masing-masing rekannya memperoleh 3 botol bir setiap hari selama bekerja melapisi atap gedung.

Beberapa hari kemudian, setelah menyaksikan sebuah film Andy disiksa oleh The Sister, sebuah geng homoseks yang dipimpin oleh Bogs (Mark Rolston). Akibat penyiksaan ini Andy harus dirawat di klinik selama sebulan  sedangkan Bogs menjalani hukuman pengasingan selama seminggu. Setelah menjalani hukumannya, Bogs kembali ke selnya dan disana Byron menunggu dan menyiksanya hingga tak bisa lagi berjalan dan dipindahkan ke sebuah rumah sakit.

Setelah keluar dari klinik, Andy kembali ke selnya dan menemukan sebuah poster berukuran besar hadiah dari Red di kasurnya. Beberapa hari kemudian Andy dipertemukan dengan  Warden Norton, kepala penjara Shawshank Prison dan dipekerjakan di perpustakaan penjara bersama Brooks Hatlen. Selain sebagai petugas perpustakaan Andy juga bekerja mengurus keuangan para sipir. Selama bekerja di perpustakaan, setiap minggu Andy mengirim surat kepada pemerintah setempat dan meminta untuk menambah koleksi buku di perpustakaan tetapi dia tak pernah menerima balasan dari surat-suratnya.

Tahun 1954, Brooks bebas bersyarat setelah menjalani hukuman penjara selama 50 tahun. Di luar penjara, Brooks gagal beradaptasi karena sudah terbiasa dengan kehidupan penjara, hidup di luar Shawshank Prison adalah penjara baginya dan dia tak sanggup menjalaninya. Setelah beberapa hari hidup di luar penjara dan bekerja di sebuah supermarket, Brooks memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Enam tahun telah berlalu semenjak pertama kalinya dia mengirim surat, Andy akhirnya mendapat balasan dari pemerintah beserta sumbangan buku dan dana proyek perpustakaan sebesar 200 dolar. Di dalam salah satu kotak yang berisi buku-buku sumbangan terselip sebuah rekaman berupa piringan hitam The Marriage Of Figaro. Dia memutarnya dan menyiarkannya ke seluruh penjara. Akibat perbuatannya, Andy dihukum dan diasingkan di sebuah sel tertutup tanpa cahaya selama dua minggu.

Setelah bebas dari hukumannya, Andy berkumpul lagi bersama Red dan yang lainnya. Saat makan bersama di satu meja, Andy berkata kalau musik itu ada di pikiran dan di hati kita, ada sesuatu di dalam diri kita yang tak bisa mereka (penjara) sentuh, yang tak bisa mereka renggut, HARAPAN akan selalu ada.

Pada tahun 1963,  kepala penjara Norton mencetuskan sebuah program bernama Inside Out Program dimana para tahanan akan bekerja melayani masyarakat di luar penjara. Dari program ini Norton memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan tenaga para tahanan untuk memperkaya dirinya sendiri. Norton kemudian menugaskan Andy untuk mencuci semua uangnya dengan menggunakan nama Randal Stevens, seseorang dari buah imjinasi Andy.

Dua tahun berlalu, Tommy Williams dipenjara di Sawshank Prison karena kasus pencurian dan dijatuhi hukuman selama dua tahun. Tahun 1966, setelah mendengar rincian kasus Andy dari Red, Tommy mengatakan pada Andy dan Red bahwa kasus Andy sangat mirip dengan seorang tahanan yang dikenalnya ketika dia dipenjara di tempat lain. Tahanan itu mengaku pernah membunuh seorang lelaki dan wanita selingkuhannya, si wanita merupakan istri dari seorang bankir, dan pada akhirnya yang dihukum adalah bankir tersebut. Mendengar cerita Tommy, Andy kemudian menemui Norton dan meminta agar kasusnya dibuka kembali namun Norton tidak memperdulikannya dan menghukum Andy di sel tertutup selama beberapa bulan. Keesokan hari saat tengah malam Norton meminta Tommy menemuinya di luar penjara dan membunuhnya kemudian berkata ke Andy kalu dia mencoba melarikan diri.

Setelah menjalani hukumannya, Andy berbincang dengan Red dan berkata kalau dia bebas nanti dia akan pergi ke Zihuatanejo, sebuah pulau kecil di Meksiko, dimana dia ingin menghabiskan sisa hidupnya. Namun Red berkata kalau impian dan harapan Andy itu hanyalah sia-sia belaka dan tidak mungkin terjadi. Andy lalu meminta Red melakukan sesuatu padanya apabila dia bebas dari penjara, Andy meminta Red berjanji untuk pergi ke sebuah padang rumput di dekat Buxton, sebuah padang rumput dimana terdapat dinding batu panjang dengan pohon oak besar di ujung utara. Diantara bebatuang di bawah pohon oak ada sesuatu yang terkubur dan Andy ingin Red memilikinya.

Keesokan harinya, setelah selesai mengurus keuangan Norton, Andy melarikan diri dari penjara dengan membawa semua catatan deposito Norton. Di hari selanjutnya seseorang yang tak pernah terlihat, tak pernah ada berjalan memasuki beberapa bank dengan menggunakan nama Randall Stephens. Andy kemudian mengirim laporan keuangan beserta bukti-bukti korupsi dan pembunuhan yang telah dilakukan Norton ke media setempat. Polisi mendatangi Shawsank Prison dan menahan Byron Hadley. Khusus Norton, dia memilih bunuh diri daripada dipenjara dengan menembak dirinya sendiri.

Red akhirnya dibebaskan setelah menjalani masa tahanan selama 40 tahun, mencoba beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara. Merasa frustasi, Red sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya seperti Brooks, tetapi janjinya kepada Andy menghentikannya melakukan hal tersebut. Red kemudian memutuskan pergi ke  padang rumput di dekat Buxton yang pernah diceritakan Andy, di antara bebatuan di bawah pohon oak Red menemukan sebuah kotak kecil yang berisi selembar surat.

Hope still be there


5 comments:

  1. Bner banget nih, lebetulan ane sudah nonton beberapakali dan bikin jelas semuanya, bahwa alon2 asal kelakon juga terdapat pada film tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah bosan emang sama film ini gan, bener-bener menginspirasi

      Delete
  2. Isi suratnya apa ya gan?, and kira bakal nemu hartakarun

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya tuh isi suratnya mengenai Harapan gan, jangan pernah berhenti berharap walau sesulit apapun keadaan kita. dan Andy meminta Red untuk menemuinya di Zihuatanejo

      Delete
  3. Thanks gan, btw ini film wajib tonton gue gan

    ReplyDelete

loading...
Hiburan Keren