Pembahasan Gotham Season 4 Episode 8: Stop Hitting Yourself

 on Tuesday, November 14, 2017  

Gotham season 4 episode 8 adalah panggung pertunjukan bagi The Sirens (Barbara, Selina, dan Tabitha/Babs), ketiga wanita tangguh tersebut menunjukkan kemampuan mereka ketika dikirim oleh penguin untuk menjalankan sebuah misi ke Narrows. Sementara itu Jim kini menjalani peran baru dalam kepolisian Gotham City, dia menggantikan Harvey sebagai kapten GCPD.

The Sirens

"Stop Hitting Yourself", judul cerita kali ini menurut saya lumayan bagus. Solomon Grundy juga memiliki peran yang besar kali ini, memukul setiap lawan tandingnya dengan tangan mereka sendiri menghadirkan nyanyian "Stop Hitting Yourself" dari para penonton.

Jangan lupakan juga hubungan antara Butch (Solomon Grundy) dangan Tabitha. Seperti kita ketahui sebelumnya mereka berdua menjalin sebuah hubungan asmara dan dalam cerita kali ini hubungan mereka kembali mendapat porsi walau hanya sedikit. Solomon Grundy secara sepintas mengingat sedikit kenangan di antara mereka berdua selain itu Tabitha juga berusaha membuka kenangan lama Butch yang sudah terkubur.

Kembali pada ketiga wanita yang menuju Narrows, ternyata mereka diikuti oleh Firefly yang merasa mereka telah gagal menjalankan tugas yang diperintahkan penguin. Tapi akhirnya Firefly bernasib sama dengan Headhhunter, hanya bertahan dalam satu episode.

Klub pertarungan Cherry sendiri akhirnya jatuh ke tangan Lee. Bersama Ed dan Solomon Grundy, mereka bertiga mengelola kegiatan di klub tersebut dan secara perlahan membangun kekuatan yang layak untuk diperhitungkan.

Kematian Firefly di tangan Barbara secara tidak langsung menandakan bahwa The Sirens tidak lagi bekerja untuk Penguin. Kini mereka bertiga bergerak secara mandiri untuk sementara waktu tapi tidak menutup kemungkinan Tabitha akan keluar dan bergabung dengan Lee, Ed, dan Solomon Grundy. Hubungannya dengan Solomon Grundy (Butch Gilzean) adalah sebuah alasan yang mungkit dapat mengubah haluannya.

Bagaimana dengan penjahat yang paling berpengaruh saat ini, Penguin. Sepertinya dia mulai merasakan ketidakberesan dalam hubungannya dengan Sofia Falcone. Kedepannya Penguin tentu akan lebih berhati-hati lagi terhadap setiap pergerakan Sofia yang jelas-jelas ingin menjatuhkannya dan mengambil alih Gotham seperti ayahnya dahulu.

Hubungan Sofia dengan Jim yang menurut saya masih misteri. Belum jelas apa yang direncanakan Sofia kepada Jim, yang pasti Jim menyadari kalau Sofia berusaha mengambil alih kriminalitas di Gotham dari tangan Penguin.

Sofia berada diantara dua sisi mata uang, Jim dan Penguin. Yang pasti dia tidak memihak siapapun dan semua yang dilakukannya sejauh ini hanyalah untuk tujuannya sendiri. Melanjutkan dinasti Falcone mungkin?

Sebagai kapten GCPD yang baru Jim memiliki banyak tugas yang menunggu di depannya. Tingkat kriminalitas di Gotham harus ditekan, sistem korup dalam tubuh GCPD harus segera diperbaiki, sistem kriminal yang diterapkan Penguin harus dihapuskan, dan satu lagi yang harus dilakukan Jim yaitu mengawasi setiap gerak-gerik Sofia.

Lalu apa yang sedang dilakukan Profesor Pyg sekarang ini? Walau sama sekali tidak muncul di episode 8 ini, saya yakin dia sedang merencanakan sesuatu yang besar untuk mencapi tujuannya. Mengenai targetnya selanjutnya, kemungkinan itu masih berasal dari pihak kepolisian. Harvey, mungkin?

Hubungan pertemanan antara Jim dan Harvey juga mendapat terjangan badai kali ini, alasan utama dibalik keretakan keduanya karena Jim menandatangani surat promosi dirinya menjadi kapten GCPD yang baru, hal itulah yang mengakibatkan Harvey tiba-tiba tidak menyukainya.

Nah, sekarang giliran kalian, bagaimana menurut kalian "Stop Hitting Yourself" secara keseluruhan? Apakah Lee dan Ed akan menjadi satu kekuatan yang berbahaya? Atau mungkinkah Jim dan Harvey berdiri di sisi yang berseberangan?


1 comment:

loading...
Hiburan Keren