Pembahasan Arrow Season 6 Episode 6: Promises Kept

 on Wednesday, November 22, 2017  

Arrow season 6 episode 6 berjudul "Promises Kept" masih menceritakan mengenai hubungan antara Slade Wilson (Deathstroke) dengan anaknya Joe. Selain itu episode kali ini juga menampilkan tim Arrow yang berhadapan dengan musuh baru yang selama ini sering diperdebatkan, Ricardo "The Dragon" Diaz.

Saya sedikit bingung melihat begitu rumitnya hubungan Slade dengan anaknya. Bagaimana Joe berusaha menjadi Slade yang pernah dipengaruhi Mirakuru, sementara sekarang pengaruh Mirakuru itu sendiri sudah hilang.

Slade dan Joe

Secara harfiah "Promises Kept" memiliki arti menjaga janji, ada dua janji Slade yang dibahas kali ini, satu kepada Oliver dan satunya lagi kepada Shado. Janji kepada Oliver merupakan sebuah janji yang diucapkannya secara sadar sedangkan janji kepada Shado lebih kepada kepada ketidakmampuannya menghadapi kematian Shado di Lian Yu.

Hubungan ayah-anak diantara mereka berdua benar-benar terdegradasi ke titik terendah. Tidak ada kemungkinan sedikitpun bagi mereka untuk bersatu sebagai keluarga lagi. Walau Slade berusaha sekuat tenaga untuk memperbaikinya, Joe tetap berpegang teguh pada pendiriannya.

Saya sangat suka ketika Joe meminta Slade mengambil mata Oliver, mata dibayar mata begitu kata Joe. Tapi sisi baik Slade berhasil menang melawan sisi gelapnya, bersama Oliver dia melarikan diri dari markas The Jackals. Sebuah keputusan sulit tapi terlihat begitu mudah baginya, namun diakhir cerita kita tetap melihat bahwa Slade masih memiliki harapan terhadap putranya.

Saya masih mengharapkan Slade akan muncul kembali di salah satu episode Arrow berikutnya, sangat menyenangkan melihat mereka berdua bekerja sama sebagai rekan.

Sekarang mari kita beralih ke Star City, akhirnya kita diperkenalkan dengan villain yang sudah dinanti Ricardo Diaz a.k.a. The Dragon. Secara pribadi Diggle merasa memiliki hubungan dengan Dragon, itu terjadi karena untuk mengatasi gemetaran di tangannya selama ini dia menggunakan narkoba yang diproduksi oleh Diaz.

Ketika Diaz membakar semua narkoba untuk menghapus barang bukti, saya melihat Diggle tidak rela membiarkannya, ada keraguan yang terpancar dari matanya.

Semenjak kejadian di Lian Yu Diggle selalu berusaha menutupi masalahnya dari tim, bahkan juga istrinya Lyla. Dalam episode ini dia mulai jujur kepada semua orang, kepada Lyla dan tim Arrow dan itu bagus baginya juga tim.

Curtis adalah seorang jenius, Felicity bisa berjalan kembali merupakan buah dari kepintarannya. Mungkin kondisi Diggle juga akan membaik jika diserahkan kepadanya, tapi biarlah waktu yang menjawab hal tersebut.

Diggle dan Dinah bersumpah untuk tidak menyembunyikan rahasia lagi diantara mereka, tapi keberadaan Vigilante sepertinya membuat Dinah tidak dapat memenuhi sumpah tersebut. Saya melihat Dinah masih dihantui oleh mantan rekannya itu, apalagi yang dia incar masih menjadi sebuah misteri selain klaimnya terhadap anggota dewan Pollard yang merupakan seorang politisi korup.

Secara keseluruhan, :Promises Kept" berhasil memperlihatkan dilema Slade Wilson mengambil keputusan, sebuah akhir yang tidak membahagiakan baginya dan saya akan sangat merindukannya. Dan bagaimana dengan Ricardo Diaz, sebuah pengenalan yang singkat tapi berkesan karena secara tidak langsung dia sudah menjadi ancaman selama ini, semenjak Diggle menggunakan narkoba buatannya.

Kini giliran kalian untuk mengutarakan pendapat tentang episode ini, Bagaimana menurut kalian hubungan ayah-anan yang rumit antara Slade dan Joe? Bagaimana dengan pergerakan Dragon, apakah dia memiliki hubungan dengan Cayden James? dan tidak lupa juga hubungan antara Black Canary dengan Vigilante. Jadi silahkan utarakan pendapat kalian di kolom komentar.


1 comment:

loading...
Hiburan Keren